Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kalimantan Utara Mari Berkolaborasi Dukung Pemda Sebagai Nahkoda Untuk Kota Yang Layak Huni Dan Berkelanjutan

Friday, September 22, 2017

Pelatihan Pembukuan UPK berbasis Aplikasi dalam mendukung Program KOTAKU

Tim 2 Kab.Bulungan
Disusun Oleh Syarifa Winda Arvina 

Pelatihan Pembukuan UPK berbasis Aplikasi dalam mendukung Program KOTAKU (P.Bunyu, Kabupaten Bulungan. Kaltara)

    Aplikasi UPK dikembangkan dengan tujuan meningkatkan kemampuan petugas UPK dalam mengelola transaksi kegiatan pinjaman bergulir, baik dalam lingkup pengelolaan konvensional maupun syariah. Keberhasilan pengelolaan dana bergulir ditentukan kapasitas SDM para manajer UPK dan staf pembukuan dari setiap BKMnya.    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), khususnya di Kabupaten Bulungan, Kaltara menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Unit Pengelola Keuangan (UPK) bagi UPK di masing-masing LKM pada tiap desa, Pelatihan ini diikuti kerang lebih 6 orang peserta diantaranya UPK dan Sekretaris masing-masing LKM yang terdiri dari tiga Desa, diantaranya yaitu Desa Bunyu Barat (LKM Karya Mandiri), Desa Bunyu Selatan (LKM Usaha Bersama), dan Desa Bunyu Timur (LKM Setia Kawan). Pelatihan Aplikasi UPK ini dilaksanakan dalam 3 hari berturut-turut yaitu pada hari Jumat-Minggu (14-16 Juli 2017) bertempat di Aula salah satu penginapan yang ada di Pulau Bunyu, Penginapan RIKA.           Dalam pelatihan ini penggunaan aplikasi selain pembukuan lebih mudah, cepat dan tepat, juga sebagai wujud tata kelola keuangan yang baik berdasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas, pelaksanaan peningkatan kapasitas UPK melalui pelatihan aplikasi pembukuan untuk dapat mempermudah setiap pekerjaan dan dalam sistem pelaporan.     Peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan memiliki tanggung jawab dalam membantu masyarakat. Terutama yang berada dibawah garis kemiskinan yang memang memerlukan usaha-usaha tambahan pembiayaan ekonomi di Kelurahan dan Desa masing-masing.             
    Pelaksanaan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) pada aspek non infrastruktur yaitu pengelolaan ekonomi bergulir bagi masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnnya dalam mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.     Dengan semakin baiknya Unit Pengelola Badan Keswadayaan Masyarakat (UPK BKM), diharapkan dapat turut merangsang tumbuhnya usaha ekonomi produktif perorangan maupun badan usaha secara mandiri di setiap kelurahanDengan demikian, Program KOTAKU sebagai program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman dapat berhasil. Sesuai target “baseline 100 0 100” secara nasional, khususnya di Kab. Bulungan, Kaltara dan  dapat tercapai sampai dengan tahun 2019, dengan target 0% dari aspek infrastruktur maupun non infrastruktur.








Share:

1 comments:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

Kotaku Tarakan