Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kalimantan Utara Mari Berkolaborasi Dukung Pemda Sebagai Nahkoda Untuk Kota Yang Layak Huni Dan Berkelanjutan

Monday, May 1, 2017

Bantuan Sosial Jasa UPK Kembali di Salurkan



Tim Kab.Malinau
Disusun Oleh Sofyan Tsauri

       Istilah Kumuh adalah kata-kata yang sangat populer saat ini dimana pemerintah melalui program kerja NAWACITA sedang fokus menggalangkan program 100-0-100 dimana 0 adalah 0% kumuh ditahun 2019 nantinya. Hal tersebut merupakan target yang harus dicapai oleh pemerintah. Untuk mencapainya diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak. Sehingga pengurangan kumuh dapat dicapai pada tahun 2019. Menurut UU No. 1 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah (Permen) No. 2 tahun 2016 Penanganan Kumuh dapat dilakukan dengan dua pola yaitu pola pencegahan dan penanganan. Untuk pencegahan terbagi pada pengawasan pengendalian dan pemberdayaan masyarakat sedangkan penanganan terbagi dari pemugaran, peremejaan dan permukiman kembali. Pemberdayaan masyarakat dalam pola pencegahan merupakan tugaspara kelompok peduli yang menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat sehingga peduli dan mau turut andil dalam penanggulangan kumuh. Salah satu bukti pemberdayaan masyarakat dalam hal penanggulangan kumuh dilakukan oleh salah satu Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Mandiri yang berada di Desa Malinau Hilir Kecamatan Malinau Kota.

Dizaman sekarang orang baik sulit ditemui, baik kalangan atas yang tidak pernah mau tau penderitaan orang miskin, dengan adanya program KOTAKU yang dulunya PNPM MP, mengajak semua lapisan masyarakat dari kalangan biasa sampai Pemerintah Daerah setempat untuk bersama-sama mengatasi masalah yang dapat menyebabkan kumuhnya satu kawasan. Desa Malinau Hilir yang berada di Kabupaten Malinau masih terlihat masyarakat yang berdomisili di Desa dengan kondisi rumah yang tidak layak huni, drainase yang buruk sehingga mengakibatkan terjadinya banjir. Jika hal ini dibarkan terus menerus maka mengakibatkan semakin buruknya kondisi masyarakat Indonesia berdampak pada ketidakpercayaan atau hal buruk lainnya.

Karena keberhasilan LKM Mandiri dan Unit Pengelola Keuangan  (UPK) Desa Malinau Hilir memperoleh laba akhir tahun. Tahun ini LKM Mandiri kembali mencoba meluncurkan bantuan sosial yang berasal dari jasa UPK LKM Mandiri, dikarenakan tahun 2016 LKM Mandiri mengadakan Bantuan Sosial untuk membantu warga yang kurang mampu dan jompo dengan memberikan bantuan sembako seperti telur, minyak, gula, dll. Hal ini dilakukan agar pengembalian pinjaman lancar terus menerus. LKM Mandiri menyeleksi KSM terbaik yang 3 kali peminjaman dengan pengembalian tanpa macet sedikitpun. Maka terpilih 3 KSM terbaik tahun 2017. Sebelum LKM Mandiri memutuskan melakukan bantuan sosial mereka mengadakan Rapat LKM membahas kegiatan yang akan dibuat dan berapa dana dari jasa UPK yang akan dipakai dengan melihat Anggaran Rumah Tangga. Dengan melewati dua kali rapat LKM dengan fasilitator maka LKM Mandiri memutuskan melakukan bantuan sosial.








Share:

3 comments:

  1. Halo,
    Saya James Loan Funds pemilik legal dari pinjaman yang cepat dan bertanggung jawab itu
    Mengeluarkan pinjaman jangka pendek dan panjang untuk semua individu pribadi
    Dan pria / wanita bisnis siapa pun yang berminat harus menghubungi lebih
    Rincian: jamesloanfirm72@gmail.com

    Maafkan saya karena mengganggu waktu Anda yang berharga.

    Ini adalah Lembaga Penjamin Keuangan; Kami mengkhususkan diri dalam pendanaan
    Dan menawarkan tingkat Pinjaman @ 3% kepada individu dan perusahaan yang berkepentingan
    Yang mencari bantuan keuangan dan pertumbuhan bisnis atau bisnis
    Dana ekspansi Kami menawarkan Pinjaman dengan jaminan yang dapat diandalkan untuk semua
    Pelamar yang memenuhi syarat: jamesloanfirm72@gmail.com

    ReplyDelete

  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  3. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    ReplyDelete

Kotaku Tarakan