Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kalimantan Utara Mari Berkolaborasi Dukung Pemda Sebagai Nahkoda Untuk Kota Yang Layak Huni Dan Berkelanjutan

Friday, September 22, 2017

PERJALANAN WAKTU RPLP KOTAKU

Tim 06 Kota Tarakan 
Disusun Oleh : Chandra

PERJALANAN WAKTU RPLP KOTAKU

KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) merupakan progam pemerintah yang dilakukan di 271 Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia. Dengan tujuan tercapainya 0% kumuh di tahun 2019. Tujuan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yaitu meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan/perdesaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan melalui Rencana Penataan Lingkungan Permukiman (RPLP).dalam lingkup 7 + 1 indikator.

Adapun 7+1 indikator tersebut yakni :

1.      Keteraturan Bangunan

2.      Jalan Lingkungan

3.      Drainase

4.      Air Minum

5.      Persampahan

6.      Pengamanan kebakaran

7.      Sanitasi

8.      Ruang Terbuka Hijau

Maksud Dan Tujuan (RPLP)

Maksud

Maksud penyusunan Rencana Penataan lingkungan Permukiman Kelurahan Selumit pantai adalah tersusunnya dokumen perencanaan di tingkat kelurahan yang terintegrasi serta mengakomodir kebutuhan penanganan dan pencegahan permukiman kumuh.

Tujuan

Tujuan disusunnya dokumen Rencana Penataan Lingkungan Permukiman Kelurahan Selumit pantai adalah:
a)      Sebagai pedoman pembangunan dan penataan permukiman di Kelurahan Selumit pantai

b)      Peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui penanganan dan pencegahan permukiman kumuh

c)      Memberi arahan bagi kebijakan teknis untuk pengendalian tata bangunan dan lingkungan, serta pedoman pengendalian lingkungan


OK Lanjuutttt…!!!disini saya akan menuliskan kisah tentang perjalanan dokumen RPLP yang berada di Kota Tarakan Kalimantan Utara. Seperti yang tertulis di atas,sebelum melakukan pendataan tingkat basis terlebih dahulu melakukan sosialisasi mengenai progam KOTAKU kemudian dibentuklah tim inti perencanaan partisipatif (TIPP) dimana tim Di bantu oleh Faskel inilah ujung tombak dari cikal bakal dokumen RPLP. Disini TIPP,Faskel beserta masyarakat melakukan pemetaan disetiap RT dan kelurahan Selumit Pantai.



Waktu demi waktu,siang pun berganti dengan malam dan hari pun tetap berputar,tak kenal waktu dan tak kenal lelah (Hehehehe ) tim TIPP didampingi oleh faskel tetap melangkah menyusun  RPLP  adakalanya  ingin  berhenti  di  persimpangan  jalan.  Namun  dengan semangat dan tekad demi terciptanya lingkungan yang bebas kumuh tim TIPP dan Faskel tetap melanjutkan penyusunan RPLP kelurahan Selumit Pantai Pada akhirnya satu demi satu Bab pun terselesaikan dengan terbentuknya Rencana Penataan lingkungan permukiman kelurahan selumit Pantai.

Lanjuutttt terusss heheh…!!! Setelah dokumen RPLP ( Rencana Penataan Lingkungan Permukiman ) kelurahan selumit pantai jadi, Tidak serta merta selesai disini tim TIPP dan Faskel melakukan uji publik mengenai RPLP kelurahan yang telah dibuat oleh TIPP. Uji publik disini dilakukan dengan maksud mensinkronisasikan kepada masyarakat umum mengenai RPLP kelurahan yang telah dibuat,apakah data tersebut sesuai dengan kondisi yang ada dilingkungan kelurahan selumit pantai dengan Mengundang Masyarakat, Pihak kelurahan selumit Pantai dan CSR.


Setelah diadakannya uji publik dan perbaikan RPLP kelurahan Selumit Pantai selanjutnya, faskel Membawah dokumen RPLP untuk disahkan oleh ketua TIPP, Lurah, Camat dan juga Wali Kota Tarakan. Selanjutnya dokumen RPLP akan di simpan di BKM dan juga di tranfusikan ke Kelurahan, Kecamatan serta Kantor Walikota sebagai acuan atau wadah dalam proses pembangunan kedepan untuk menuju Indonesia bebas kumuh.

KOTAKU…..???
BERANI BERUBAH….!!!!

untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan/perdesaan yang layak huni, menuju Indonesia bebas Kumuh


Share:

1 comments:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

Kotaku Tarakan