Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kalimantan Utara Mari Berkolaborasi Dukung Pemda Sebagai Nahkoda Untuk Kota Yang Layak Huni Dan Berkelanjutan

Wednesday, July 26, 2017

DRAINASE MENJADI KEBUTUHAN MASYARAKAT

Disusun Oleh : Muhammad Kasim, ST
                           Tim 04 Kabupaten Nunukan

Drainase adalah lengkungan atau saluran air dipermukaan atau dibawah tanah baik yang berbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia, drainase berperan penting untuk mengalirkan air dan mencegah terjadinya banjir. Oleh sebab itu tidaklah sesuatu yang sangat berlebihan jika masyarakat menginginkan sebuah infrastruktur yang baik dan bagus. Jika musim hujan turun drainase yang belum terbangun bisa membuat air menjadi menguap kepermukaan. Di Nunukan Selatan terdapat drainase yang belum terealisasi, padahal drainase ini bermanfaat bagi masyarakat setempat. Dengan hadirnya Program KOTAKU (kota tanpa kumuh) masyarakat mengusulkan kegiatan kepada LKM “Dharma Bhakti” untuk dilakukan perbaikan drainase yang berlokasi di RT. 01 Kelurahan Nunukan Selatan, Kecamatan Nunukan Selatan. Adapun syarat bagi para anggota KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) sebelum kegiatan dilakukan yaitu mengajukan proposal kegiatan.


Pembangunan yang dilaksanakan oleh LKM “Dharma Bhakti” dan dikoordinatori oleh Sopyan Ali dengan dana yang terbatas masyarakat setempat antusias siap membantu dalam proses pekerjaan Drainase dimana kondisi Drainase saat ini masih dalam kondisi 0 % dan jika pekerjaan Drainase tidak ada halangan terlesaikan dengan kondisi 100% masyarakat dapat merasakan dampak serta manfaat pembuatan Drainase.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Kotaku Tarakan