Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kalimantan Utara Mari Berkolaborasi Dukung Pemda Sebagai Nahkoda Untuk Kota Yang Layak Huni Dan Berkelanjutan

Thursday, May 18, 2017

KSM RAINBOW (Kisah seorang penjual Roti)


TIM 6 Tarakan (KOTAKU)
Disusun Oleh : Mail

KSM RAINBOW adalah salah satu KSM yang terdapat di Kelurahan Kampung Empat Provinsi KALTARA Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan. Awal berdirinya KSM RAINBOW sejak Tahun 2014 yang lalu yang beranggotakan lima orang dan diketuai oleh Ibu Samsidar, anggota: Nuraeni, Hatijah, Slamet, dan Masriani. Dimana masing-masing memiliki usaha yang berbeda-beda.
Disini saya akan menceritakan salah satu anggota KSM RAINBOW, sebut saja Bapak Slamet (38) yang berdomisili di Kelurahan Kampung Empat RT. 04. Jenis usaha yang digeluti adalah pembuat Roti sejak 6 Tahun yang lalu. Sejak bergabung dengan KSM RAINBOW, Bapak Slamet meminjam uang Dana Bergulir sebesar Rp500.000 pada tahap awal untuk melancarkan usahanya. Di Tahun 2017 ini KSM RAINBOW mendapatkan kepercayaan untuk meminjam dana bergulir untuk tahap ke-3 sebesar Rp15.000.000, dan masing-masing anggota mendapatkan pinjaman sebesar Rp3.000.000/orang dengan bunga 1,5%. Berarti Bapak Slamet harus membayar angsuran sebesar Rp375.000/bulan. Melalui bantuan Program KOTAKU, Bapak Slamet merasa bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan. 
Dari hasil wawancara langsung dengan Bapak Slamet, Saat ini Bapak Slamet sudah memiliki karyawan sebanyak tiga orang (Dani, Reza, dan Senong). Cara menjualnya adalah mengantarkan ke warung-warung dan juga sambil keliling berjualan, selain itu bisa juga menerima pesanan jika ada yang berminat bisa hubungi (081250637195) atas nama Bapak Slamet. (sekalian promosikan hehehehe…). Tidak semua usaha yang dijalani akan selalu berjalan sesuai dengan harapan (ungkap Bapak Slamet). Salah satu pengalaman pahit yang pernah dialaminya adalah pernah dibohongi karyawannya sendiri dalam hal hasil penjualan roti. Namun Bapak Slamet menganggap itu sebagai cobaan dalam menjalankan usahanya. Omset bersih yang didapatkan tiap bulan ± Rp2.500.000/bulan. Namun tidak menutup kemungkinan omset pendapatan tersebut bisa bertambah dan sebaliknya. Demikianlah hasil wawancara kami dengan Bapak Slamet Selaku pengusaha pembuat Roti. Kunci dari sebuah kesuksesan adalah:selalu berdoa dan bekerja keras dalam menjalankan setiap jenis usaha apapun. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kotaku Tarakan